Banyak perkembangan yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun, bahkan terlihat pesat. Alhamdulillah anakku sudah lulus semua aspek yang ditetapkan posyandu di kampung saya. Diantaranya:
READ MORE - Perkembangan anak umur 2 tahun
- Motorik kasar
- lari tanpa jatuh
- lompat di tempat dua kaki jatuh bersamaan
- berdiri pada satu kaki
- berjingkat di atas jari-jari kaki
- menendang bola
- naik sepeda roda tiga atau roda empat
- Motorik halus
- merangkai benda
- membalik halaman buku
- memegang alat tulis
- menggunakan satu tangan hampir di setiap kegiatan
- meniru garis lurus dan lingkaran
- menggambar bentuk-bentuk
- meremas-remas, menggulung tanah liat
- Komunikasi pasif
- menunjuk gambar dan benda yang umum/ sudah dikenal
- dapat mengenal benda kalau diberi tahu gunanya
- mengenal/ mengerti pertanyaan apa, dimana
- mengerti kata larangan seperti tidak, bukan, jangan
- senang mendengar cerita sederhana
- Komunikasi aktif
- membuat kalimat dua kata
- menyebut nama
- menggunakan kata apa dan dimana
- membuat kalimat sangkal
- menunjukan kekesalan/ jengkel karena tidak dimengerti
- Kecerdasan
- bereaksi terhadap perintah yang sama
- melihat-lihat buku bergambar
- memasangkan berbagai benda yang dikenal dan berarti baginya
- menyusun benda berdasarkan urutan ukuran
- mengenal diri sendiri melalui cermin
- dapat menyebut diri sendiri
- dapat mengatakan apa yang sedang dikerjakan
- Menolong diri sendiri
- menggunakan sendok meskipun masih tumpah
- mengambil minuman dari ceret tanpa dibantu
- membuka pintu dengan memutar pegangan pintu
- membuka baju dengan dibantu
- mencuci dan mengeringkan tangan
- Tingkah laku sosial
- bermain dengan anak lain
- berani bergabung dengan anak-anak lain
- membela barang miliknya sendiri
- mulai bermain rumah-rumahan
- mengetahui ciri jenis kelamin
Artikel Terkait
Banyak perkembangan yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun, bahkan terlihat pesat. Alhamdulillah anakku sudah lulus semua aspek yang ditetapkan posyandu di kampung saya. Diantaranya:
READ MORE - Perkembangan anak umur 2 tahun
Banyak perkembangan yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun, bahkan terlihat pesat. Alhamdulillah anakku sudah lulus semua aspek yang ditetapkan posyandu di kampung saya. Diantaranya:- Motorik kasar
- lari tanpa jatuh
- lompat di tempat dua kaki jatuh bersamaan
- berdiri pada satu kaki
- berjingkat di atas jari-jari kaki
- menendang bola
- naik sepeda roda tiga atau roda empat
- Motorik halus
- merangkai benda
- membalik halaman buku
- memegang alat tulis
- menggunakan satu tangan hampir di setiap kegiatan
- meniru garis lurus dan lingkaran
- menggambar bentuk-bentuk
- meremas-remas, menggulung tanah liat
- Komunikasi pasif
- menunjuk gambar dan benda yang umum/ sudah dikenal
- dapat mengenal benda kalau diberi tahu gunanya
- mengenal/ mengerti pertanyaan apa, dimana
- mengerti kata larangan seperti tidak, bukan, jangan
- senang mendengar cerita sederhana
- Komunikasi aktif
- membuat kalimat dua kata
- menyebut nama
- menggunakan kata apa dan dimana
- membuat kalimat sangkal
- menunjukan kekesalan/ jengkel karena tidak dimengerti
- Kecerdasan
- bereaksi terhadap perintah yang sama
- melihat-lihat buku bergambar
- memasangkan berbagai benda yang dikenal dan berarti baginya
- menyusun benda berdasarkan urutan ukuran
- mengenal diri sendiri melalui cermin
- dapat menyebut diri sendiri
- dapat mengatakan apa yang sedang dikerjakan
- Menolong diri sendiri
- menggunakan sendok meskipun masih tumpah
- mengambil minuman dari ceret tanpa dibantu
- membuka pintu dengan memutar pegangan pintu
- membuka baju dengan dibantu
- mencuci dan mengeringkan tangan
- Tingkah laku sosial
- bermain dengan anak lain
- berani bergabung dengan anak-anak lain
- membela barang miliknya sendiri
- mulai bermain rumah-rumahan
- mengetahui ciri jenis kelamin
- Motorik kasar
- lari tanpa jatuh
- lompat di tempat dua kaki jatuh bersamaan
- berdiri pada satu kaki
- berjingkat di atas jari-jari kaki
- menendang bola
- naik sepeda roda tiga atau roda empat
- Motorik halus
- merangkai benda
- membalik halaman buku
- memegang alat tulis
- menggunakan satu tangan hampir di setiap kegiatan
- meniru garis lurus dan lingkaran
- menggambar bentuk-bentuk
- meremas-remas, menggulung tanah liat
- Komunikasi pasif
- menunjuk gambar dan benda yang umum/ sudah dikenal
- dapat mengenal benda kalau diberi tahu gunanya
- mengenal/ mengerti pertanyaan apa, dimana
- mengerti kata larangan seperti tidak, bukan, jangan
- senang mendengar cerita sederhana
- Komunikasi aktif
- membuat kalimat dua kata
- menyebut nama
- menggunakan kata apa dan dimana
- membuat kalimat sangkal
- menunjukan kekesalan/ jengkel karena tidak dimengerti
- Kecerdasan
- bereaksi terhadap perintah yang sama
- melihat-lihat buku bergambar
- memasangkan berbagai benda yang dikenal dan berarti baginya
- menyusun benda berdasarkan urutan ukuran
- mengenal diri sendiri melalui cermin
- dapat menyebut diri sendiri
- dapat mengatakan apa yang sedang dikerjakan
- Menolong diri sendiri
- menggunakan sendok meskipun masih tumpah
- mengambil minuman dari ceret tanpa dibantu
- membuka pintu dengan memutar pegangan pintu
- membuka baju dengan dibantu
- mencuci dan mengeringkan tangan
- Tingkah laku sosial
- bermain dengan anak lain
- berani bergabung dengan anak-anak lain
- membela barang miliknya sendiri
- mulai bermain rumah-rumahan
- mengetahui ciri jenis kelamin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar