Kamis, 17 Januari 2013

Perkembangan anak umur 2 tahun

Banyak perkembangan yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun, bahkan terlihat pesat. Alhamdulillah anakku sudah lulus semua aspek yang ditetapkan posyandu di kampung saya. Diantaranya:
  • Motorik kasar
  1. lari tanpa jatuh
  2. lompat di tempat dua kaki jatuh bersamaan
  3. berdiri pada satu kaki
  4. berjingkat di atas jari-jari kaki
  5. menendang bola
  6. naik sepeda roda tiga atau roda empat
  • Motorik halus
  1. merangkai benda
  2. membalik halaman buku
  3. memegang alat tulis
  4. menggunakan satu tangan hampir di setiap kegiatan
  5. meniru garis lurus dan lingkaran
  6. menggambar bentuk-bentuk
  7. meremas-remas, menggulung tanah liat
  • Komunikasi pasif
  1. menunjuk gambar dan benda yang umum/ sudah dikenal
  2. dapat mengenal benda kalau diberi tahu gunanya
  3. mengenal/ mengerti pertanyaan apa, dimana
  4. mengerti kata larangan seperti tidak, bukan, jangan
  5. senang mendengar cerita sederhana
  • Komunikasi aktif
  1. membuat kalimat dua kata
  2. menyebut nama
  3. menggunakan kata apa dan dimana
  4. membuat kalimat sangkal
  5. menunjukan kekesalan/ jengkel karena tidak dimengerti
  • Kecerdasan
  1. bereaksi terhadap perintah yang sama
  2. melihat-lihat buku bergambar
  3. memasangkan berbagai benda yang dikenal dan berarti baginya
  4. menyusun benda berdasarkan urutan ukuran
  5. mengenal diri sendiri melalui cermin
  6. dapat menyebut diri sendiri
  7. dapat mengatakan apa yang sedang dikerjakan
  • Menolong diri sendiri
  1. menggunakan sendok meskipun masih tumpah
  2. mengambil minuman dari ceret tanpa dibantu
  3. membuka pintu dengan memutar pegangan pintu
  4. membuka baju dengan dibantu
  5. mencuci dan mengeringkan tangan
  • Tingkah laku sosial
  1. bermain dengan anak lain
  2. berani bergabung dengan anak-anak lain
  3. membela barang miliknya sendiri
  4. mulai bermain rumah-rumahan
  5. mengetahui ciri jenis kelamin

Artikel Terkait

READ MORE - Perkembangan anak umur 2 tahun
Banyak perkembangan yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun, bahkan terlihat pesat. Alhamdulillah anakku sudah lulus semua aspek yang ditetapkan posyandu di kampung saya. Diantaranya:
  • Motorik kasar
  1. lari tanpa jatuh
  2. lompat di tempat dua kaki jatuh bersamaan
  3. berdiri pada satu kaki
  4. berjingkat di atas jari-jari kaki
  5. menendang bola
  6. naik sepeda roda tiga atau roda empat
  • Motorik halus
  1. merangkai benda
  2. membalik halaman buku
  3. memegang alat tulis
  4. menggunakan satu tangan hampir di setiap kegiatan
  5. meniru garis lurus dan lingkaran
  6. menggambar bentuk-bentuk
  7. meremas-remas, menggulung tanah liat
  • Komunikasi pasif
  1. menunjuk gambar dan benda yang umum/ sudah dikenal
  2. dapat mengenal benda kalau diberi tahu gunanya
  3. mengenal/ mengerti pertanyaan apa, dimana
  4. mengerti kata larangan seperti tidak, bukan, jangan
  5. senang mendengar cerita sederhana
  • Komunikasi aktif
  1. membuat kalimat dua kata
  2. menyebut nama
  3. menggunakan kata apa dan dimana
  4. membuat kalimat sangkal
  5. menunjukan kekesalan/ jengkel karena tidak dimengerti
  • Kecerdasan
  1. bereaksi terhadap perintah yang sama
  2. melihat-lihat buku bergambar
  3. memasangkan berbagai benda yang dikenal dan berarti baginya
  4. menyusun benda berdasarkan urutan ukuran
  5. mengenal diri sendiri melalui cermin
  6. dapat menyebut diri sendiri
  7. dapat mengatakan apa yang sedang dikerjakan
  • Menolong diri sendiri
  1. menggunakan sendok meskipun masih tumpah
  2. mengambil minuman dari ceret tanpa dibantu
  3. membuka pintu dengan memutar pegangan pintu
  4. membuka baju dengan dibantu
  5. mencuci dan mengeringkan tangan
  • Tingkah laku sosial
  1. bermain dengan anak lain
  2. berani bergabung dengan anak-anak lain
  3. membela barang miliknya sendiri
  4. mulai bermain rumah-rumahan
  5. mengetahui ciri jenis kelamin
READ MORE - Perkembangan anak umur 2 tahun
Banyak perkembangan yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun, bahkan terlihat pesat. Alhamdulillah anakku sudah lulus semua aspek yang ditetapkan posyandu di kampung saya. Diantaranya:
  • Motorik kasar
  1. lari tanpa jatuh
  2. lompat di tempat dua kaki jatuh bersamaan
  3. berdiri pada satu kaki
  4. berjingkat di atas jari-jari kaki
  5. menendang bola
  6. naik sepeda roda tiga atau roda empat
  • Motorik halus
  1. merangkai benda
  2. membalik halaman buku
  3. memegang alat tulis
  4. menggunakan satu tangan hampir di setiap kegiatan
  5. meniru garis lurus dan lingkaran
  6. menggambar bentuk-bentuk
  7. meremas-remas, menggulung tanah liat
  • Komunikasi pasif
  1. menunjuk gambar dan benda yang umum/ sudah dikenal
  2. dapat mengenal benda kalau diberi tahu gunanya
  3. mengenal/ mengerti pertanyaan apa, dimana
  4. mengerti kata larangan seperti tidak, bukan, jangan
  5. senang mendengar cerita sederhana
  • Komunikasi aktif
  1. membuat kalimat dua kata
  2. menyebut nama
  3. menggunakan kata apa dan dimana
  4. membuat kalimat sangkal
  5. menunjukan kekesalan/ jengkel karena tidak dimengerti
  • Kecerdasan
  1. bereaksi terhadap perintah yang sama
  2. melihat-lihat buku bergambar
  3. memasangkan berbagai benda yang dikenal dan berarti baginya
  4. menyusun benda berdasarkan urutan ukuran
  5. mengenal diri sendiri melalui cermin
  6. dapat menyebut diri sendiri
  7. dapat mengatakan apa yang sedang dikerjakan
  • Menolong diri sendiri
  1. menggunakan sendok meskipun masih tumpah
  2. mengambil minuman dari ceret tanpa dibantu
  3. membuka pintu dengan memutar pegangan pintu
  4. membuka baju dengan dibantu
  5. mencuci dan mengeringkan tangan
  • Tingkah laku sosial
  1. bermain dengan anak lain
  2. berani bergabung dengan anak-anak lain
  3. membela barang miliknya sendiri
  4. mulai bermain rumah-rumahan
  5. mengetahui ciri jenis kelamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar